| Kegiatan Sekolah | admin

SMK N 1 Sedayu Gelar Uji Publik Kurikulum Tahun Ajaran 2023/2024

Sedayu, 14 Agustus 2023 - Kurikulum merupakan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik dalam satu periode jenjang pendidikan. SMK N 1 Sedayu sebagai lembaga penyelenggara pendidikan, telah melaksanakan Uji Publik Kurikulum tahun ajaran 2023/2024 pada hari Jumat, 11 Agustus 2023. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang pertemuan SMK N 1 Sedayu.

Kegiatan Uji Publik Kurikulum SMK N 1 Sedayu dihadiri oleh beberapa pihak diantaranya: Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga DIY yang diwakili oleh Ibu Saptiniwarsi Yanti Subekti, S.E. Akt, M.M, pengawas pembina sekolah Bapak Drs. Sunu Ambarsi, M.T, pengurus komite sekolah Bapak Drs. H. Djumroni, M. Pd, KORAMIL Sedayu yang diwakili oleh Bapak Dedi Y, Polsek Sedayu yang diwakili oleh Bapak Sarijan, KUA Sedayu yang diwakili oleh Bapak Ar Iswanto, Kapanewon Sedayu yang diwakili oleh Bapak Jon Amrullah, SH, perwakilan dari Dunia Usaha Dunia Industri (DU/DI) mitra sekolah serta segenap guru dan karyawan SMK N 1 Sedayu.

Tahun sebelumnya SMK N 1 Sedayu memberlakukan dua kurikulum, yakni kurikulum 2013 untuk kelas XII, dan kurikulum merdeka untuk kelas X dan XI. Namun, pada tahun ajaran 2023/2024 SMK N 1 Sedayu sudah memberlakukan kurikulum merdeka untuk semua jenjang dari kelas X, XI, dan XII. Kegiatan ini diawali dengan pemaparan kurikulum SMK N 1 Sedayu oleh Bapak Al Rosyid Ridlo, M.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dalam pemaparannya komponen utama yang diangkat dari kurikulum merdeka yaitu penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. Penguatan pendidikan karakter ini akan menghasilkan peserta didik yang tidak hanya mempunyai pengetahuan akademik yang baik tetapi juga memiliki karakter yang berkualitas. Dengan adanya penguatan pendidikan karakter diharapkan ketika peserta didik memasuki Dunia Industri sudah siap untuk bekerja.

Kepala SMK N 1 Sedayu Rohmat Santosa, S.Pd, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kurikulum merdeka yang dilaksanakan di SMK N 1 Sedayu ini adalah kurikulum pusat keunggulan atau kurikulum SMK PK yang mana SMK N 1 Sedayu sudah memasuki tahun ke empat sebagai SMK PK. Kurikulum di SMK N 1 Sedayu akan dipedomani oleh bapak/ibu guru dalam memberikan pendidikan, pelatihan, dan pengajaran di bidang akademik bagi peserta didik sesuai dengan kurikulum yang telah disusun dan didukung oleh pembelajaran P5, harapannya penerapan kurikulum pusat keunggulan ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Acara terus berlangsung, banyak masukan dan usulan pada acara yang di gelar siang itu. Salah satunya Ibu Saptiniwarsi Yanti Subekti, S.E. Akt, M.M selaku Kepala Sie SMK DIKPORA DIY mengapresiasi uji publik kurikulum yang dilaksanakan SMK N  1 Sedayu dan kurikulum yang telah dipaparkan sudah sangat merangkup keseluruhan, juga terdokumentasikan dengan sangat baik, beliau mengungapkan “Saya selama uji publik di beberapa SMK lain, yang paling siap adalah SMK N 1 Sedayu”. Ibu Saptiniwarsi Yanti Subekti, S.E. Akt, M.M juga memberikan apresiasi bagi SMK N 1 Sedayu karena memperoleh beasiswa kewirausahaan yang sesuai dengan program dinas pendidikan dan juga memberikan masukan agar siswa di SMK N 1 Sedayu diberikan dorongan pentingnya berwirausaha sejak di kelas X, agar mendorong terciptanya lulusan BMW (bekerja, melanjutkan studi, dan wirausaha).

Dengan adanya kontribusi dan masukan terhadap kurikulum SMK N 1 Sedayu, diharapkan kurikulum yang disusun dapat diterima oleh seluruh pihak sehingga menjadi pedoman bagi SMK N 1 Sedayu untuk menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang berkualitas.

 

www.smkn1sedayu.sch.id

Youtube: SMKN1Sedayu
Instagram: smk1sedayu