| Akademik | admin

Simulasi ANBK di SMKN 1 Sedayu Berjalan Lancar

Sedayu, 28 Agustus 2023 - Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Dilansir dari laman resmi Kemendikbud.go.id, ANBK dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. 

Hasil Asesmen Nasional berupa informasi yang dapat digunakan untuk melacak perubahan mutu pendidikan dari waktu ke waktu. Tidak hanya itu, salah satu fungsi ANBK berkaitan dengan pengembangan keterampilan dan karakter siswa. Penilaian nasional juga memberikan wawasan tentang karakteristik penting dari satuan pengajaran yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut.

Kegiatan simulasi dilaksanakan pada tanggal  21 Agustus 2023 – 22 Agustus 2023 pukul 07.00 – 09.40 WIB. Simulasi ANBK menggunakan empat lab komputer yang ada di sekolah dengan melibatkan siswa kelas XI dan XII, diikuti 100 peserta utama dan 10 peserta cadangan. Kegiatan ini berjalan dengan lancer dan semua perangkat yang digunakan untuk ANBK juga dapat digunakan dengan baik. 

Kegiatan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) ini dimaksudkan untuk memastikan kendala yang terjadi pada saat pelaksanaan dapat diselesaikan, hingga nantinya pelaksanaan resmi dimulai, SMKN 1 Sedayu berhasil dalam melaksanakan ANBK tanpa hambatan apapun. 

 

www.smkn1sedayu.sch.id

Youtube: SMKN1Sedayu
Instagram: smk1sedayu